[UPDATED] Cara Mendaftar, Persyaratan, Seleksi Administrasi, dan Pengumuman Seleksi Administrasi Beasiswa Unggulan (BU) Masyarakat Berprestasi
Tata cara pendaftaran
BU yang akan saya jelaskan disini adalah pendaftaran BU untuk mahasiswa
baru jenjang magister golongan masyarakat berprestasi golongan umum dalam
negeri. Seluruh pendaftaran hingga pengumuman dilakukan secara online. Aplikan dapat memulai untuk membuat
akun pendaftaran ketika sudah mendekati waktu pendaftaran setiap batch. Biasanya, pembukaan pendaftaran
akan diumumkan di situs BU.
Langkah pertama yang
harus dilakukan adalah membuat pendaftaran, klik di sini untuk mengakses laman
pendaftaran. Identitas yang harus teman-teman siapkan untuk diinput antara
lain: Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tercantum di KTP/Kartu Keluarga dan e-mail (usahakan username e-mail
tidak mengandung istilah yang tidak menggambarkan nama teman-teman). Be
professional, please! :D. Oleh
pihak BPKLN Kemdikbud sendiri, aplikan sangat direkomendasikan untuk
menggunakan akun e-mail dari Google
(Gmail). Berdasarkan pengalaman para aplikan dari tahun ke tahun, akun e-mail selain Gmail selalu pending untuk menerima e-mail dari BPKLN Kemdikbud. Padahal,
tautan aktivasi akun pendaftaran BU, pengumuman lokasi verifikasi berkas dan
wawancara, pengumuman seleksi administrasi, dan pengumuman final BU diterima
aplikan melalui e-mail.
Teman-teman harus
menentukan beasiswa unggulan yang akan teman-teman lamar, apakah akan mendaftar
untuk golongan BU untuk pemenang olimpiade internasional atau golongan umum.
Setelah data-data tersebut sudah teman-teman input dan sudah klik register,
teman-teman harus memeriksa e-mail
yang digunakan untuk aplikasi. Lalu, klik tautan yang ada dalam e-mail yang baru saja diterima guna
mengaktifkan akun teman-teman. Berikut ini adalah contoh e-mail instruksi aktivasi akun dari BPKLN Kemdikbud yang dulu saya
terima.
Jika akun pendaftaran
BU sudah aktif, teman-teman sudah dapat mengisi data-data dan dokumen-dokumen
yang diperlukan.
Persyaratan Pendaftaran
Persyaratan BU saya bagi menjadi syarat dokumen dan nondokumen.
Syarat Nondokumen
Untuk mahasiswa baru
magister:
1.
Usia
Maksimal 32 tahun
2.
Minimal
IPK S1 untuk lulusan perguruan tinggi negeri adalah adalah 3,25, sedangkan IPK
S1 untuk lulusan perguruan tinggi swasta adalah 3,50.
3.
Skor
kemampuan bahasa Inggris minimum: TOEFL ITP minimal 500, TOEFL iBT minimal 61,
atau IELTS minimal 5,5
Untuk mahasiswa
magister on-going:
1.
Usia
Maksimal 32 tahun
2.
Maksimal
semester 3
3.
Minimal
IPK S1 untuk lulusan perguruan tinggi negeri adalah adalah 3,25, sedangkan IPK
S1 untuk lulusan perguruan tinggi swasta adalah 3,50.
4.
Skor
kemampuan bahasa Inggris minimum: TOEFL ITP minimal 500, TOEFL iBT minimal 61,
atau IELTS minimal 5,5
Syarat Dokumen
Terdapat beberapa
dokumen yang harus diunggah dalam akun pendaftaran BU, berikut ini adalah
penjelasan beserta tips-tips yang dapat teman-teman terapkan. Perlu
diingat bahwa ini adalah dokumen-dokumen pendaftaran BU untuk mahasiswa baru
jenjang magister golongan masyarakat berprestasi.
Letter of Acceptance (LoA)
LoA adalah surat
penerimaan dari kampus untuk mahasiswa baru yang lolos seleksi masuk perguruan
tinggi. LoA wajib bersifat unconditional alias tak bersyarat.
Artinya, teman-teman harus sudah diterima di perguruan tinggi tanpa terkendala
persyaratan administratif yang belum terpenuhi, sehingga mengakibatkan LoA
masih bersifat conditional atau
bersyarat. Dokumen diunggah dalam bentuk file
berformat .pdf dengan ukuran maksimal 1 MB.
Proposal Rencana
Studi
Proposal rencana studi wajib disusun oleh aplikan. Proposal yang
disusun hendaknya sekomprehensif mungkin guna menunjukkan komitmen teman-teman untuk
melanjutkan studi. Tidak ada format khusus untuk proposal, namun diharapkan
terdapat rencana perkuliahan dan sks per-semester yang akan ditempuh hingga
selesai studi, topik apa yang akan ditulis dalam skripsi/tesis/disertasi, deskripsikan
aktivitas di luar perkuliahan yang akan dilakukan selama studi dan bagaimana
implementasi hasil studi di masyarakat.
Proposal yang saya susun terdiri dari beberapa bagian, yaitu halaman
sampul, surat permohonan BU yang ditujukan kepada BPKLN Kemdikbud, daftar isi, pendahuluan
(Bab I), rencana studi (Bab II), penutup (Bab III), dan daftar pustaka. Pada
bagian pendahuluan, kaitkan jenjang pendidikan yang akan teman-teman tempuh
dengan permasalahan-permasalahan yang relevan terhadap bidang yang akan teman-teman
tekuni. Walaupun yang diminta baru sebatas rencana tugas akhir
skripsi/tesis/disertasi, usahakan agar teman-teman menyusun rencana tugas akhir
secara mendalam hingga membahas metodologi penelitian. Selain itu, teman-teman
harus membuat implementasi hasil studi yang terukur dan realistis. Dokumen diunggah
dalam bentuk file berformat .pdf
dengan ukuran maksimal 1 MB.
Esai dengan
Tema/Judul “Aku Generasi Unggul Kebanggaan Bangsa Indonesia”
Teman-teman wajib
menyusun esai dengan tema/judul:
"Aku Generasi Unggul Kebanggaan Bangsa Indonesia" ditulis sebanyak
3-5 halaman pada kertas A4 dengan format huruf Times New Roman ukuran 12
pt dengan spasi 1.5 line. Teman-teman boleh menceritakan latar belakang
keluarga, tetapi jangan terlalu dibahas secara emosional; narasikan
prestasi-prestasi terbaik disertai dengan perjuangan yang telah ditempuh.
Selain itu, ceritakan juga pengaruh prestasi tersebut pada diri sendiri serta
orang lain. Aktivitas-aktivitas keikutsertaan dalam organisasi perlu teman-teman
sebaiknya juga perlu dinarasikan sebagai bukti peningkatan kualifikasi diri
teman-teman selain kegiatan perkuliahan. Setelah menceritakan
aktivitas-aktivitas dalam lingkup organisasi, teman-teman perlu memaparkan
kontribusi teman-teman terhadap organisasi dan masyarakat luas, serta pengaruh
keikutsertaan organisasi bagi diri sendiri, misalnya keikutsertaan dalam
organisasi meningkatkan jiwa kepemimpinan. Jika teman-teman memiliki
pengalaman meneliti, ceritakan kontribusi dari penelitian tersebut terhadap
masyarakat. Secara umum, paparan kontribusi yang perlu diungkapkan meliputi
kontribusi yang telah dilakukan, sedang dilakukan, dan akan dilakukan. Dokumen
diunggah dalam bentuk file berformat
.pdf dengan ukuran maksimal 1 MB.
Surat Rekomendasi
Tidak ada format khusus dari surat rekomendasi sebagai persyaratan
pendaftaran beasiswa unggulan karena BPKLN Kemdikbud pada dasarnya menerima
format apapun. Namun, saran saya, surat rekomendasi yang sebaiknya memuat kolom
kosong sebagai tempat bagi pemberi rekomendasi untuk memberikan testimoni yang
berisi alasan mengapa teman-teman layak menjadi calon awardee BU. Surat
rekomendasi dapat diperoleh dari civitas akademika kampus, tokoh masyarakat,
tokoh pemerintah, atasan, rekan kerja, dll. Saya mendapat surat rekomendasi dari
rektor UNY, dekan FIP UNY, wakil dekan 1 FIP UNY, kepala jurusan PSD (jurusan
ketika S1 saya), dan pembimbing skripsi. Tidak ada batasan maksimal dari jumlah
surat rekomendasi. Teman-teman jangan lupa untuk membubuhkan cap lembaga
bilamana lembaga tersebut memang memiliki cap. Untuk kasus saya, surat
pengajuan kepada sub bagian akademik rektorat perlu disusun jika hendak
mengajukan surat rekomendasi dari rektor, sehingga teman-teman tidak bertemu
langsung dengan rektor karena surat rekomendasi diproses oleh sub bagian
akademik. Untuk civitas akademika lain seperti dekan, wakil dekan, ketua
jurusan, dan dosen pembimbing skripsi, teman-teman cukup membuat appointment
atau mencari tahu waktu senggang para civitas akademika tersebut. Dokumen diunggah
dalam bentuk file berformat .pdf
dengan ukuran maksimal 1 MB. Jadikan
semua surat rekomendasi dalam satu file.
Surat Pernyataan
Mengikuti BU
Format pernyataan
sudah ditentukan oleh BPKLN Kemdikbud. Template
surat pernyataan bisa diunduh di bagian FAQ di situs BU. Hal yang perlu
teman-teman lakukan adalah mencetak surat tersebut, mengisi data pribadi yang
diminta dengan tulisan tangan, dan membubuhkan materai Rp6000.-, nama terang,
serta tanda tangan. Dokumen diunggah dalam bentuk file berformat .pdf dengan ukuran maksimal 1 MB.
Sertifikat Bukti
Kemampuan Bahasa Inggris
Sertifikat kemampuan
bahasa Inggris yang diakui oleh BPKLN Kemdikbud sebagai persyaratan BU adalah
sertifikat TOEFL ITP atau TOEFL iBT yang berlisensi ETS. Selain itu, pendaftaran
BU juga menerima sertifikat IELTS berlisensi British Council, IDP Australia,
dan Cambridge ESOL. Pendaftaran BU tidak menerima sertifikat
TOEFL-like, ProTEFL, mini-TOEFL atau semacamnya. Berdasarkan pengalaman,
jika aplikan memaksakan diri untuk mengunggah sertifikat bukti kemampuan bahasa
Inggris yang tidak sesuai dengan tuntutan pendaftaran BU walaupun skornya
memenuhi, aplikan tersebut tidak akan lolos seleksi administrasi. Batas skor minimal
untuk masing-masing jenis sertifikat adalah sebagai berikut: 500 untuk TOEFL
ITP, 61 untuk TOEFL iBT, dan overall band
5,5 untuk IELTS. Sertifkat yang saya gunakan sebagai pendaftaran batch 2 tahun 2017 adalah sertifikat
TOEFL ITP. Aplikan BU untuk jenjang SMA/sederajat tidak wajib mengunggah
sertifikat bukti kemampuan bahasa Inggris. Dokumen diunggah dalam bentuk file berformat .pdf dengan ukuran
maksimal 1 MB.
Scan Ijazah dan
Transkrip
Pelamar jenjang
magister dan doktoral wajib mengunggah kedua dokumen ini. Jika dokumen tersebut
bolak-balik, scan kedua halaman lalu jadikan satu file untuk masing-masing dokumen. Jangan sampai hasil scan terlihat
kabur karena akan menyulitkan pihak BPKLN. Dokumen diunggah dalam bentuk
softfile berformat .pdf dengan ukuran maksimal 1 MB.
Sertifikat Prestasi
Sertifikat prestasi meliputi
sertifikat kejuaraan, sertifikat pembicara, dan sertifikat penerima beasiswa.
Teman-teman sebaiknya mengupload sertifikat dengan pencapaian tertinggi
terlebih dahulu agar sertifikat tersebut dapat tampil paling atas di akun
pendaftaran BU. Jika teman-teman memiliki publikasi jurnal terindeks,
teman-teman boleh mengunggah jurnal tersebut walaupun tidak ada sertifikat
bukti publikasi. Selain itu, teman saya yang awardee bahkan mengunggah sertifikat bukti pengalaman menjadi trainer. Kesimpulannya, prestasi bukan
diartikan sebagai pencapaian atas suatu kompetisi saja. Pendaftaran BU tidak
membatasi umur dari sertifikat prestasi yang harus diunggah, sehingga unggahlah
sertifikat prestasi walaupun sertifikat itu diterima pada zaman dahulu kala
(zaman SD misalnya). Dokumen diunggah dalam bentuk file berformat .pdf dengan ukuran maksimal 1 MB.
Foto Pribadi dan Scan
KTP
Format foto pribadi
dan scan KTP adalah file berformat .jpg
atau.jpeg dengan ukuran maksimal 256 kB. Tidak ada ketentuan warna latar
belakang foto pribadi yang harus diunggah.
Catatan:
Seleksi Administrasi dan Pengumuman Seleksi Administrasi
Apabila teman-teman sudah SUBMIT pendaftaran, data yang sudah diinput pada akun sudah tidak dapat diubah kembali. Seleksi administrasi berlangsung kira-kira 7 - 10 hari setelah batas akhir SUBMIT pendaftaran. Tanggal pengumuman seleksi administrasi akan diumumkan melalui laman BU. Sebagai contoh, batas SUBMIT pendaftaran BU Batch 2 Tahun 2017 adalah 31 Juli 2017, sedangkan pengumuman seleksi administrasi adalah 10 Agustus 2017. Ketika hari pengumuman tiba, teman-teman harus benar-benar sabar menunggu karena pihak BPKLN tidak memberitahukan pukul berapa pengumuman akan dirilis. Jika teman-teman lolos seleksi administrasi, pada bagian bawah akun pendaftaran BU akan muncul notifikasi seperti gambar di bawah ini.
Selain pemberitahuan kelolosan hasil seleksi administrasi melalui akun pendaftaran BU, teman-teman juga akan menerima kiriman e-mail berisi hasil seleksi dan pemberitahuan terkait jadwal verifikasi berkas dan seleksi wawancara seperti ini.
Aplikan yang lolos harus mengunduh form verifikasi yang dapat diunduh dari akun pendaftaran. Form verifikasi ini harus dicetak dan diisi sebelum pelaksanaan verifikasi berkas dan seleksi wawancara. Berikut adalah contoh form verifikasi BU.
Sebelum verifikasi dokumen dan seleksi wawancara, aplikan yang lolos seleksi administrasi wajib untuk mengisi rincian biaya dalam tab rincian yang dibuktikan dengan surat keterangan tagihan resmi dari kampus dan scan buku tabungan. Data lain yang harus diinput yaitu nama pemegang rekening, nama bank, tahun ajaran, nomor rekening, dan tagihan BPP/SPP/UKT/BOP tiap semester. Berikut ini adalah isi dari tab rincian biaya.
Format penulisan nama pemegang rekening yang diinput harus sama dengan yang tertulis pada buku tabungan. Misalnya, jika pada buku tabungan tertulis "Sdr RESTU WARAS TOTO", maka nama pemegang rekening yang tertulis pada akun pendaftaran BU harus sama, yaitu "Sdr RESTU WARAS TOTO". Pihak BPKLN mewajibkan aplikan menggunakan rekening yang tidak telah dan atau masih digunakan untuk menerima dana yang bersumber dari APBN seperti gaji PNS, beasiswa dari pemerintah, dana hibah penelitian, dll.
Semoga penjelasan saya dapat bermanfaat bagi aplikan BU periode selanjutnya. Pada kiriman blog selanjutnya akan saya jelaskan tentang verifikasi dokumen dan pertanyaan-pertanyaan dalam seleksi wawancara, pengumuman final, serta acara bimbingan teknis bagi aplikan yang berhasil lolos hingga tahap akhir. :)
Catatan:
- Hingga saat ini, pengalaman organisasi dan pengalaman kerja tidak perlu dibuktikan melalui sertifikat atau surat keterangan.
- Aplikan harus klik SUBMIT apabila data pribadi dan dokumen-dokumen persyaratan sudah terunggah dengan benar. Telitilah data yang terinput beberapa kali sebelum SUBMIT pendaftaran.
Seleksi Administrasi dan Pengumuman Seleksi Administrasi
Apabila teman-teman sudah SUBMIT pendaftaran, data yang sudah diinput pada akun sudah tidak dapat diubah kembali. Seleksi administrasi berlangsung kira-kira 7 - 10 hari setelah batas akhir SUBMIT pendaftaran. Tanggal pengumuman seleksi administrasi akan diumumkan melalui laman BU. Sebagai contoh, batas SUBMIT pendaftaran BU Batch 2 Tahun 2017 adalah 31 Juli 2017, sedangkan pengumuman seleksi administrasi adalah 10 Agustus 2017. Ketika hari pengumuman tiba, teman-teman harus benar-benar sabar menunggu karena pihak BPKLN tidak memberitahukan pukul berapa pengumuman akan dirilis. Jika teman-teman lolos seleksi administrasi, pada bagian bawah akun pendaftaran BU akan muncul notifikasi seperti gambar di bawah ini.
Selain pemberitahuan kelolosan hasil seleksi administrasi melalui akun pendaftaran BU, teman-teman juga akan menerima kiriman e-mail berisi hasil seleksi dan pemberitahuan terkait jadwal verifikasi berkas dan seleksi wawancara seperti ini.
Aplikan yang lolos harus mengunduh form verifikasi yang dapat diunduh dari akun pendaftaran. Form verifikasi ini harus dicetak dan diisi sebelum pelaksanaan verifikasi berkas dan seleksi wawancara. Berikut adalah contoh form verifikasi BU.
Sebelum verifikasi dokumen dan seleksi wawancara, aplikan yang lolos seleksi administrasi wajib untuk mengisi rincian biaya dalam tab rincian yang dibuktikan dengan surat keterangan tagihan resmi dari kampus dan scan buku tabungan. Data lain yang harus diinput yaitu nama pemegang rekening, nama bank, tahun ajaran, nomor rekening, dan tagihan BPP/SPP/UKT/BOP tiap semester. Berikut ini adalah isi dari tab rincian biaya.
Format penulisan nama pemegang rekening yang diinput harus sama dengan yang tertulis pada buku tabungan. Misalnya, jika pada buku tabungan tertulis "Sdr RESTU WARAS TOTO", maka nama pemegang rekening yang tertulis pada akun pendaftaran BU harus sama, yaitu "Sdr RESTU WARAS TOTO". Pihak BPKLN mewajibkan aplikan menggunakan rekening yang tidak telah dan atau masih digunakan untuk menerima dana yang bersumber dari APBN seperti gaji PNS, beasiswa dari pemerintah, dana hibah penelitian, dll.
Semoga penjelasan saya dapat bermanfaat bagi aplikan BU periode selanjutnya. Pada kiriman blog selanjutnya akan saya jelaskan tentang verifikasi dokumen dan pertanyaan-pertanyaan dalam seleksi wawancara, pengumuman final, serta acara bimbingan teknis bagi aplikan yang berhasil lolos hingga tahap akhir. :)
Link beasiswa BU nya dmn?
ReplyDeletePortal resmi beasiswa unggulan adalah beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id
DeleteLaman pendaftarannya adalah buonline.beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id
Assalamualaikum, mau Tanya utk score TOEFL ITP Kita Jika kurang Dr 500 msh ada kesempatan lolos seleksi administration tdk z?
ReplyDeleteKemungkinan besar tidak lolos karena skor yang kurang dari persyaratan akan ditolak oleh sistem.
Deleteizin tanya, saya lolos tahap 1.. untuk form verifikasinya di link web yg mana ya?
ReplyDeleteSetahu saya, form verifikasi bisa diunduh di akun masing-masing
Delete